Endank Soekamti - Salam Indonesia

Album ke-8 berjudul SALAM INDONESIA diluncurkan tahun 2017. Proses pembuatan album ini dilakukan di atas kapal pinisi bernama KLM Kurabesi Explorer, sambil mengarungi perairan Papua, dari Raja Ampat hingga Teluk Cenderawasih. Hal ini yang membuat album SALAM INDONESIA adalah album termahal yang pernah dibuat selama ini.


Sama dengan proses pembuatan album sebelumnya SOEKAMTI DAY, album SALAM INDONESIA ini dilakukan dengan metode outdoor recording, dengan memanfaatkan ruangan-ruangan yang ada di atas kapal pinisi KLM Kurabesi Explorer.


Walaupun demikian, ada satu lagu di album ini yang pembuatannya tidak secara outdoor recording, melainkan di sebuah studio yang ada di Manokwari, lengkap dengan menggunakan alat-alat musik yang ada di studio tersebut.


Lagu tersebut diciptakan saat kapal KLM Kurabesi Explorer berhenti lama di Manokwari. Untuk mengisi waktu agar tidak terbuang sia-sia, maka terciptalah sebuah lagu tambahan untuk album SALAM INDONESIA ini, yang berjudul WAKTU.


Pada 9 November 2017 album ini secara resmi diluncurkan di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta. Sebulan kemudian disusul video lirik, chord, dan bahasa isyarat BISINDO untuk album SALAM INDONESIA di akun YouTube Endank Soekamti. Kemudian bertepatan dengan ulang tahun ke-17, Endank Soekamti meluncurkan video klip WAKTU.


Kabar selanjutnya adalah tanggal 9 Desember 2018, Endank Soekamti akan menghibur Kamtis Family di kota Medan. Siapkan tenagamu teman-teman, untuk bernyanyi dan berjoget bersama. Ajak teman-temanmu untuk ber-#SoekamtiDay bersama! Lengkapi juga karya-karya fisik dari band kesayangan kamu Endank Soekamti.

Komentar